BTemplates.com

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 12 September 2019

Fungsi Menu Bar Microsoft Word 2016



Mengenal Fungsi Menu Bar Microsoft Word 2016




1.Menu Bar File Microsoft Word

Yang pertama adalah menu File, menu ini jika di klik akan muncul layout baru, yang akan menampilkan beberapa menu utama yang berhubungan dengan file word yang kalian buka atau yang sedang kalian buat. berikut ini adalah fungsi dari menu yang terdapat pada bar file.
Menu Bar File Microsoft Word
membuat dokumen kosong baru
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgPeLF1UmrJcHcPtXOcGUL7F7-v63JPeayEfPqm81XFkvWQunYmFsR8WQbhlKL16j5QAtjH4hRFWx0g2QH7pxIPYmH7NQ4q3FMIYELtIkgQCYkdgfla0O7aAcKnwmKTimgWjeEmTnKwIV1x/s1600/capture-20170320-020647.png
Keterangan Gambar:

Info : Menampilkan status file yang kalian buka, termasuk dengan property file tersebut. disini kalian bisa mengetahui sumber asal file word yang kalian buka.
New : Akan menampilkan pilihan utama pembuatan file .doc baru dengan pilihan jenis dokumen apa yang akan kalian buat
Open : berisi informasi Buka Dokumen termasuk didalamnya adalah histori file yang kalian buka dalam beberapa waktu terakhir.
Save : Menu yang akan menampilkan lokasi penyimpanan file yang kalian buka sekarang.
Save As : Menampilkan Lokasi Penyimpanan file Baru pada file yang kalian buka atau kerjakan.
Print : Menampilkan preview dari dukumen yang kalian buka atau kalian kerjakan yang akan di print atau dengan kata lain tampilan cetak dari dokumen tersebut termasuk didalamnya adalah pengaturan pengaturan pendukung lainya, diantaranya adalah mengatur margin, ukuran kertas, printer yang terhubung dan lain sebagainya.
Share : menampilkan pilihan untuk membagikan file kalian, dari menyimpan file tersebut di cloud sistem (online), emailkan, sampai dengan mengirimkan ke blog kalian.
Export : menu yang akan menampilkan pilihan bagaimana file kalian export atau "jadikan" termasuk didalamnya merubah file word kalian menjadi extensi yang kalian inginkan. (Pdf, Doc, Docx,odt, rtf samapi dengan html) mungkin saya akan membuat artikel khusus nantinya, silahkan tunggu atau reques di komentar.
Account : menampilkan akun Microsoft Office kalian, mungkin jika kalian ingin membuat dokumen yang bisa dikerjakan bersama, dan juga menikmati dukungan konten dari microsoft ada baiknya kalian sign in.
Feedback : Menu yang bisa kalian gunakan untuk memberikan review, kritik atau laporan bugs kepada pengembang microsoft word.
Option : Adalah menu pengaturan microsoft word kalian.


2. Menu Bar Home Microsoft Word

Pada menu home ini menampilkan tools utama pada microsoft word, yang berisi tools penataan dan pengeditan teks, silahkan perhatikan gambar 2 dibawah ini.
Menu Bar Home Microsoft Word
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhw39zw2OMiLcG4ifVLMel4u50Gi9yv6Qyz0V6RdHXHHDDMSmZFCeWiCpwGlbE1o9iyaQjo9aFKEmR6TUwx2t-WZTs7VTGPVPe-GgRRYK8qipRxvsfKsHaDMYOIbrOhzwqk9IgYC4VVgJFY/s1600/capture-20170320-004655.png
Keterangan Gambar:

Clipborad : Tools yang bisa kalian gunakan untuk melihat papan board tempat gambar,teks, atau file yang kalian copy dari data microsoft word lain, bahkan mungkin dari sumber lain, browser misalkan.
Font : Kustomisasi atau panel pengaturan yang bisa kalian gunakan untuk mengatur teks yang kalian buat sesuai dengan keinginan kalian, dari jenis font, ukuran, warna, style dan lain-lain.
Paragraph : panel yang berisi menu pengaturan paragraf teks dokumen kalian, termasuk didalamnya adalah garis, pewarnaan, penomoran, spasi enter, dan lain-lain.
Styles : Sebuah panel yang berisi template gaya, dari teks dokumen yang bisa kalian pilih secara langsung, ini akan mengubah gaya tampilan teks dokumen kalian lebih cepat.
Editing : Panel yang berisi tools yang bisa klain gunakan untuk mengedit file yang sudah dibuat pada lembar kerja, di dalamnya adalah Find yang bisa kalian gunakan untuk menemukan kata dalam dokumen kalian juga bisa langsung mengubahnya secara masal dengan Replace.


3. Menu bar Insert Microsoft Word 2016

Menu insert sendiri seperti namanya, menampilkan submenu yang bisa kalian gunakan untuk memberikan masukan file atau objek lain kedalam lembar kerja Microsoft Word 2016 kalian, dan berikut ini adalah submenu yang terdapat pada menu bar Insert Ms. Word 2016
Menu bar Insert Microsoft Word 2016
Menu bar Insert Microsoft Word 2016
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiYAYWqUYqAjy4dmLg58IqdnOlLsLFWf-yEC_LEmVItUMhhbr2u5vZufDvRI4AOy-0QMgyYfB40iEZJhrcoKGyHryT3AYVYfZf_CZEFVrAlAuVZYYd4sd4KIVhmprA7g73el8OMDKZVtibW/s1600/capture-20170320-005235.png
Keterangan Gambar:

Pages : Menampilkan panel yang berisi pilihan insert atau masukan, didalamnya termasuk halaman cover, halaman blank (kosong) dan Page Break (Pemisah Format yang masih dalam satu halaman).
Tables : Bisa kalian gunakan untuk memasukan objek Tabel kedalam lembar kerja, pada Microsoft Word 2010 keatas sampai 2016, Insert Tables ini tinggal menandai berapa kolom dan row yang akan ditampilkan dengan sangat mudah.
Ilustration : Menampilkan pilihan submenu yang bisa kalian gunakan untuk memasukan, objek berupa ilustrasi, termasuk didalamnya adalah Gambar, Shapes (bentuk) Smart Art, Chart atau grafik, sampai dengan Screenshoot dari layar monitor komputer kalian.
Add-ins : Menampilkan panel yang berisikan submenu masukan tambahan yang bisa didapat dengan mengunduh tambahan tersebut pada Store atau di My Add-ins. Perhatikan gambar 3 diatas.
Media : Dalam panel submenu ini hanya terdapat satu saja masukan, yakni Online Video, dimana kalian dapat memasukan video kalian yang sudah kalian upload sebelumnya, mungkin juga video orang lain, baik itu dari Youtube, Bing atau media lain yang memiliki fitur embade
Link : Dapat kalian gunakan untuk memasukan url link kedalam lembar kerja.
Comment : Dapat kalian gunakan untuk memasukan koentar kedalam lembar kerja, yang hanya tampil dan sebagai penanda atau pembantu proses pengerjaan kalian saja, atau juga menunjukan kesalahan tugas, misalkan kalian adalah pengajar dan harus menunjukan kesalahan dari tugas anak didik kalian yang mungkin kebetulan tugas tersebut berupa file Word.
Header & Footer : yang bisa kalian gunakan untuk mengatur Header (kepala dokumen) dan Footer (catatan kaki) dokumen, yang termasuk juga penomoran halaman.
Word Art : Sebuah fitur yang sudah ada dari Microsoft Word versi paling lama, dan menjadi signature dari Ms. Word sendiri, memungkinkan kalian memasukan Text dengan gaya yang bisa kalian sesuaikan dengan keinginan kalian.
Text : Pada bagian terakhir panel submenu dari menu bar insert Microsoft Word adalah text,berbeda dengan yang ada pada Home, pada insert text ini lebih ke memasukan Text interaktif, dan bersifat auto mungkin. misalkan saja tanggal, jika kalian menggunakanya maka kalian tidak perlu memasukan manual tanggal untuk hari ini, karena akan secara otomatis ter generate.


4. Menu bar Design Microsoft Word 2016

Pada menubar ini akan menampilkan submenu yang bisa kalain gunakan untuk mendesign lembar kerja kalian menjadi lebih indah serta terstruktur dengan lebih mudah.
Menu bar Design Microsoft Word 2016
Menu bar Design Microsoft Word 2016
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjgMWI_lYXdBsnPaO2t8pXJbNTHd0t5ef41_S4VSNFyIkC_CrO2hIurCz03g2zHCW95w-cvkxSHObNMBqSuz3wZc2OO9AG4H6c3wUeCntOr3M1rWOuYENKe8x_3mlclJs-4zD3jeUhcEm_V/s1600/capture-20170320-005955.png
Keterangan Gambar:
Themes : Tema, yang bisa kalian pilih untuk dokumen yang akan kalian buat, pada pilihan themes ini akan mengubah total keseluruhan dokumaen menjadi tema tertentu pada themes yang dipilih. termasuk font Heading dan paragrafnya.
Document Formating : pada panel ini memberikan kalian pilihan untuk memilih style formating atau format teks dokumen kalian berasarkan themes yang dipilih sebelumnya.
Page Backgroud : dapat kalian gunakan untuk mengatur background lembar kerja Ms.Word kalian, termasuk didalamnya adalah watermark.


5. Menu bar Layout Microsoft Word 2016

Selanjutnya adalah menu bar Layout pada Microsoft Word 2016, disini akan ditampilkan submenu yang bisa kalian gunakan untuk mengatur Tata Letak teks atau konten pada lembar kerja Ms Word Kalian.
Menu bar Layout Microsoft Word 2016
Menu bar Layout Microsoft Word 2016
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjYgatabWzIlWMW6XL9apB8L1srMq1CgOSqK852colHejYeDnFdPOM1v8OOQ4_R1pb5DBLG5jI9uyE0JfoBV3Y6gF6fr3S-sVC5x_1Z5IPCLFax_qJ4UcI7JXS3lANSYbzc5z64xb9zEgVY/s1600/capture-20170320-010618.png
Keterangan Gambar:

Page Setup : pada panel ini kalian dapat mengubah pengaturan halaman lembar kerja Ms. word 2016, termasuk didalamnya adalah Margin, Orientasi (apakah Lanscape atau potrait), Kolom, ukuran kertas, sampai Line break.
Paragraph : pada panel ini menampilkan submenu yang bisa kalian gunakan untuk mengatur paragraf dokumen kalian, yah seperti pada artikel pertama pada poin menu bar Home
Arrange : dan yang ketiga adalah arrange atau penataan, pada panel submenu ini akan ditampilkan pilihan yang bisa kalian gunakan untuk mengatur penataan dokumen pada lembar kerja Microsoft Word kalian agar lebih rapih, diantaranya adalah penataan gambar, teks box, memutar objek dan lain-lain.


6. Menu bar References Microsoft Word 2016

Menu bar References akan menampilakan submenu yang bisa kalain gunakan untuk mencari referensi untuk dokumen yang kalian buat dengan sangat mudah, hanya saja memerlukan koneksi internet jika ingin menggunakan menu ini secara maksimal.
Menu bar References Microsoft Word 2016
Menu bar References Microsoft Word 2016
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhGW4blgxBBVVotoS8vjb7qZjUA8cMIeUQmjby3IWarDTFyhYBZWU4htd3uklI2jQKIjTMgbRxz2RgjMCTlvskl6ztPQbDP5ypGUNJp4kuHeiAVMoJAhxCDW9MqX-aGnFS0U6LuFiQgZbcV/s1600/capture-20170320-011035.png
Keterangan Gambar:

Table of Contents : Untuk memasukan daftar isi dari dokumen yang kalian buat dengan syarat struktur dari dokumen tersebut rapih (penomoranya secara otomatis) ini sangat berguna untuk pembuatan makalah atau tugas sejenisnya.
Footnotes : Memberikan catatan kaki pada dokumen yang kalian kerjakan, dengan sangat mudah.
Smart Lookup : Sebuah tools pencarian pintar, dengan hanya menandai teks dengan mouse kalian, Smart Lookup akan mencari referensi dengan sendirinya di internet, sehingga bisa memudahkan kalian untuk memahami arti atau kiasan yang kalian tulis tapi mungkin kurang begitu paham maksudnya, perlu dicatat ini memerlukan koneksi internet.
Citations & Bibliography : menampilkan pilihan yang bisa kalian gunakan untuk memasukan kutipan dan Bibliografi (atau sumber penulisan) yang juga bisa kalian pilih jenisnya seperti penulisan bibliografi ala APA, Chicago, Harvard dll.
Captions : bisa menampilkan cuplikan teks atau data yang kalian masukan sebelumnya pada lembar kerja kalian dengan lebih mudah karena bisa langsung dengan beberapa klik saja.
Index : dimana kalian dapat menentukan dan mengklasifikasikan kembali teks, paragraf atau judul tersebut dengan lebih mudah, termasuk penggunaan caption diatas, juga memerlukan index.
Table of Authorities : adalah dimana kalian dapat memasukan dan menambah kutipan-kutipan tertentu yang bisa kalian kelola dan masukan dengan cepat untuk selanjutnya.


7. Menu bar Mailings Microsoft Word 2016

Menu mailings pada Microsoft Word 2016 menampilkan submenu yang bisa kalian gunakan untuk mengatur dokumen mailing atau yang berubungan dengan surat atau yang membutuhkan variable tertentu yang berbeda-beda dalam 1 lembar kerja yang sama.
Menu bar Mailings Microsoft Word 2016
Menu bar Mailings Microsoft Word 2016
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjAMSNKsCkBf96C85SaQqzuzjwPC6cWSreJuOGLTplvujxHCgoZiJMaFgpR1bQTRFpiNYt8SxsSfjRnNQFJmHcG2thqqBecOqvRnulJFAxVObL2BkLcO6EFBnVyzdJus7ImcunJqMFYwCFe/s1600/capture-20170320-011427.png
Keterangan Gambar:

Create : dalam menu ini kalian diberikan dua pilihan, yakni Envelopes dan Labels. Dimana Envelope bisa kalian gunakan untuk membuat amplop surat kalian dengan lebih mudah dan cepat termasuk didalamnya adalah penerapan margin, lembar kerja dan lain sebagainya. Sedang Labels, kalian bisa membuat label tertentu pada surat kalian.
Start Mail Merge : Dengan mengunakan Mail Merge kalian dapat membuat satu dokumen, terserah itu amplop atau surat dengan hanya satu dokumen saja, word akan otomatis membuat salinanya dengan bagan yang secara otomatis beruba setiap salinanya. kalian bisa memasukan data nama, alamat, atau variable lainya yang akan ditempatkan disetiap salinan dokumen tersebut.
Write & Insert Fields : Kalian akan diberikan pilihan submenu untuk menambahkan bidang tertentu pada dokumen yang sudah kalian buat, misalkan diantaranya adalah Ucapan salam awal, gabungan label, menyorot bidang dokumen tertentu dan lain sebagainya.
Preview Results : bisa kalain gunakan untuk menunjukan hasil akhir dari dokumen yang sudah dibuat, termasuk auto nama penerima, alamat, dan varible lainya.
Pada kotak nomor 5 ini sama halnya dengan nomor 4, tapi merupakan fungsi navigasinya, artinya jika kalian mengaktifkan Preview Result, maka bagan nomor 5 ini jua akan aktif, dan bisa kalian gunakan sebagai navigasi pencarian penerima, atau mencari ejaan yang salah.
Finish : Disini kalian akan diberikan opsi penyelesaian tugas, dimana jika kalian rasa dokumen yang dibuat pada Preview Result sudah sesuai dengan keinginan, maka untuk menyelesaikan dokumen yang dibuat perlu menggunakan submenu ini.


8. Menu bar Review Microsoft Word 2016

Pada menu bar Review, kalian akan diberikan submenu pilihan yang bida kalian gunakan untuk mereview atau meninjau ulang dokumen kalian, menu yang sangat berguna untuk mencari dan mengedit kesalahan pada dokumen yang sudah selesai dibuat.
Menu bar Review Microsoft Word 2016
Menu bar Review Microsoft Word 2016
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhjmbvouAZ_rKne5iLdd2UsLCaOy05Fi7HDFWCl9u6YqpRzp41ZfYek3bnBY16sbxVIj_TmYrxvjF9xOi_rkRLXXn3p1L4mshAX8-yqt_7AvuhQX7tFrAV2ddHsUgDFwA7EpGaSQYk3MA2J/s1600/capture-20170320-014252.png
Keterangan Gambar:

Proofing : Dapat kalian gunakan untuk pemeriksaaan ejaan dokumen yang kalian buat,dengan sangat mudah, termasuk didalamnya pemeriksaan grammar pengucapan, juga penghitung kata pada dokumen kalian.
Accsessbility : Ini bisa digunakan untuk mengecek aksesbilitas untuk orang dengan keterbatasan khusus.
Language : Bisa kalian gunakan untuk menentukan bahasa apa pada dokumen kalian, selain itu juga bisa langsung melakukan translate pada dokumen. Catatan. fitur ini hanya bisa dijalankan jika terhubung dengan internet
Comment : Menampilkan pilihan untuk memberikan komenatar atau membaca komentar dari dokumen yang mungkin sebelumnya sudah dibuat, menu ini juga ada pada menu bar insert, namun pada review lebih lengkap.
Tracking : Berfungsi dan bisa kalian gunakan untuk mentelusuri dokumen kalian, baik mencari kata, atau mungkin perubahan yang sudah dibuat sebelumnya. jadi kalian bisa tahu mana dokumen yang telah dirubah atau berubah dengan sub menu ini.
Channges : Masih keterkaitan dengan submenu tracking, dimana kalian bisa memberikan review apakah perubahan tersebut (pada tracking) bisa diterima, atau tidak.
Compare : dengan submenu ini kalian bisa membandingkan dua dokumen yang serupa namun mungkin tidak sama dengan lebih mudah.
Protect : Sebuah submenu yang bisa kalian gunakan untuk melindungi dokumen kalian, kalian bisa mengatur berapa orang atau orang mana yang dapat mengubah dokumen tersebut. misalkan saja untuk tidak diperbolehkan mengubah format dokumen dan lain sebagainya.
Link to Notes : Submenu yang bisa kalian gunakan untuk memberikan link yang bisa langsung mengakses catatan kalian pada Microsoft notes.


9. Menu bar View Microsoft Word 2016

Kesembilan adalah menu yang akan menampilkan submenu yang bisa kalian gunakan untuk mengatur tampilan lembar kerja kalian agar bisa mempermudah pembuatan dokumen yang sesuai dengan keinginan kalian.
Menu bar View Microsoft Word 2016
Menu bar View Microsoft Word 2016
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgIFLeI34p8cggPv4BuBaQD1LOeG3yXfL4fxTGWUXi4jG68ETPGcMXJi4EYGKnUBjuYsSPQ-Ywtmfbzqu7L39ywB-tOT_gB7Ge8-_lcZLDuc4DV9BIrDmNbCQ92zmDc3yQYXqJTzlWv0sjF/s1600/capture-20170320-014626.png
Keterangan Gambar:

Views : Bisa kalian gunakan untuk mengatur tampilan lembar kerja kalian dengan mode tertentu, diantaranya adalah kalian bisa mengubah pada mode print layout (default saat ini), Web layout, tampilan yang akan tampil di website jika kalian mempublishnya dalam bentuk html, mode baca, sampai dengan draft dan outline.
Page Movement : Dapat kalian gunakan untuk merubah pengaturan perpindahan antara halaman satu dengan halaman lain pada lembar kerja kalian apakah vertikal (atas kebawah dan sebaliknya) atau Horizontal (kesamping kanan dan kiri).
Show : pada submenu ini kalian bisa menampilkan atau menghilangkan dengan cara memberikan atau menghapus centang, alat bantu lembar kerja, diantaranya adalah rule, gridline dan navigatione pane.
Zoom : Dapat kalian gunakan untuk melakukan Zooming atau memperbesar dan memperkecil tampilan lembar kerja sesuai dengan kenyamanan kalian.
Window : pada submenu ini kalian dapat mengatur tampilan jendela dokumen yang sedang kalian buka, misalkan kalian membuka dokumen 1 dan 2, mau bagaimana kalian menampilkan dokumen tersebut dalam jendela yang membuat kalian lebih nyaman? apakah dengan memberikan jendela standalon (sendirisendiri) atau menggabungkanya dengan split dan sebagainya.
Macros : adalah submenu advance (lanjutan) yang biasanya digunkan oleh developer atau pengembang/ programmer dengan memberikan script khusus tambahan untuk mendukung tampilan lembar kerja yang dikerjakan.


10. Menu bar Add-ins Microsoft Word 2016

Dan yang terakhir adalah Add-ins Microsoft Word 2016, pada menu ini akan ditampilkan submenu dari ekstensi yang kalian pasang untuk microsoft word kalian, sebuah alat bantu lain yang perlu kalian install tersendiri. jadi tidak ada penjelasan khusus mengenai menu ini.


Keyboard Shortcuts (Microsoft Windows)

1. CTRL+C (Copy)
2. CTRL+X (Cut)
3. CTRL+V (Paste)
4. CTRL+Z (Undo)
5. DELETE (Hapus)
6. SHIFT+DELETE (Menghapus item secara permanen tanpa masuk ke Recycle Bin)
7. CTRL sambil menyeret item (Meng-Copy item yang dipilih)
8. CTRL+SHIFT sambil menyeret item (Membuat shortcut untuk item yang dipilih)
9. TOMBOL F2 (Mengubah nama item yang dipilih)
10. CTRL+PANAH KANAN (Memindahkan pointer ke awal kalimat selanjutnya)
11. CTRL+PANAH KIRI (Memindahkan pointer ke awal kalimat sebelumnya)
12. CTRL+PANAH BAWAH (Memindahkan pointer ke awal paragraf selanjutnya)
13. CTRL+PANAH ATAS (Memindahkan pointer ke awal paragraf sebelumnya)
14. CTRL+SHIFT +ARAH: ( Menyorot tiap teks & Memilih lebih dari satu item)
15. CTRL+A (Memilih semua)
16. Tombol F3 (Mencari file dalam folder)
17. ALT+ENTER (Menampilkan properties dari item yang dipilih)
18. ALT+F4 (Menutup item/keluar dari program aplikasi yang sedang aktif)
19. ALT+ENTER (Display the properties of the selected object)
20. ALT+SPACEBAR (Membuka menu shortcut pada window yang sedang aktif)
21. CTRL+F4 (Menutup dokumen aktifyang mungkin memiliki beberapa dokumen)
22. ALT+TAB (Beralih pada program/jendela yang sedang aktif)
23. ALT+ESC (Berpindah ke item lain secara berurutan pada jendela yang telah dibuka)
24. F6 key (Siklus melalui elemen layar dalam jendela atau pada desktop)
25. F4 key (Menampilkan daftar Address Bar dalam Windows Explorer)
26. SHIFT+F10 (menampilkan shortcut menu pada item yang dipilih)
27. ALT+SPACEBAR (Menampilkan System menupada jendela/window yang sedang aktif)
28. CTRL+ESC (Menampilkan Start menu)
29. ALT+Huruf bergaris bawah dalam nama menu (Menampilkan menu yang sesuai) Menggaris bawahi huruf dalam perintah nama pada menu yang terbuka (Sesuai perintah)
30. TOMBOL F10 (Mengaktifkan menu bar dalam program yang sedang aktif)
31. RIGHT ARROW (Buka menu sebelah kanan, atau membuka submenu)
32. LEFT ARROW (Buka menu sebelah kiri, atau menutup submenu)
33. F5 key (Memperbarui jendela/window yang sedang aktif)
34. BACKSPACE (Mundur ke folder sebelumnya ketika membuka Windows Explorer)
35. ESC (Membatalkan perintah yang sedang di jalankan)
36. SHIFT ketika memasukkan CD ke CD-ROM drive (Mencegah CD memutar otomatis)

Kotak Dialog - Keyboard Shortcuts

1. CTRL+TAB (Berpindah/maju melalui tab seperti dalam browser)
2. CTRL+SHIFT+TAB (Berpindah/mundur melalui tab seperti dalam browser)
3. TAB (Berpindah/maju melalu pilihan)
4. SHIFT+TAB (Berpindah/mundur melalu pilihan)
5. ALT+Huruf bergaris bawah (memilih opsi yang sesuai)
6. ENTER (Menjalankan/memilih perintah yang aktif atau tombol pilihan yang ada)
7. SPACEBAR (Memilih/menghilangkan tanda checj pada pilihan check)
8. ARAH (Memilih sbuah tombol jika opsi yg aktif adalah sebuah grup dr tombol pilihan)
9. Tombol F1(Menampilkan menu bantuan)
10. Tombol F4 (Menampilkan item dalam daftar yang aktif)
11. BACKSPACE (Membuka folder satu tingkat keatas)

Microsoft Natural Keyboard Shortcuts

1. Windows Logo (Memunculkan atau menyembunyikan Start menu)
2. Windows Logo+BREAK (Menampilkan System Properties dialog box)
3. Windows Logo+D (Menampilkan halaman desktop)
4. Windows Logo+M (Minimize semua jendela/window)
5. Windows Logo+SHIFT+M (Mengembalikan semua jendela yang telah di minimize)
6. Windows Logo+E (Membuka My Computer)
7. Windows Logo+F (Mencari sebuah file dalam folder)
8. CTRL+Windows Logo+F (Mancari perangkat computer lain)
9. Windows Logo+F1 (Menampilkan Windows Help)
10. Windows Logo+ L (Mengunci keyboard)
11. Windows Logo+R (Membuka kotak dialog "Run")
12. Windows Logo+U (Membuka Utility Manager)
13. Aksesibilitas Keyboard Shortcuts
14. menekan SHIFT selama 5 kali (Menyalakan/mematikan fitur keyboard shortcuts)
15. ALT KIRI+ SHIFT KIRI+ PRINT SCREEN (Beralih Kontras menjadi terang, on atau off)
16. Left ALT+left SHIFT+NUM LOCK (Switch the MouseKeys either on or off)
17. SHIFT KIRI selama delapan detik (Beralih FilterKeys menjadi on atau off)
18. NUM LOCK selama 5 detik (beralih ke ToggleKeys menjadi on atau off)
19. Windows Logo +U (Membuka Utility Manager)
20. Windows Explorer Keyboard Shortcuts
21. END (Menampilkan bagian bawah jendela aktif)
22. HOME (Menampilkan bagian atas jendela aktif)
23. NUM LOCK + * (Menampilkan semua subfolder yg berada dibawah folder yg dipilih)
24. NUM LOCK + tanda plus (+) (Menampilkan isi dari folder yang dipilih)
25. NUM LOCK+ tanda Minus (-) (Menutup folder yang dipilih)
26. PANAH KIRI (Memperkecil pilihan saat ini jika diperluas, atau pilih folder induk)
27. PANAH KANAN (Menampilkan pilihan saat ini jika sudah diperluas, atau memilih subfolder pertama)

Shortcut Keys untuk Character Map

Setelah sobat mengklik dua kali karakter pada grid karakter, sobat dapat bergerak melalui grid dengan menggunakan keyboard shortcuts:
1. PANAH KANAN (Pindah ke rightor ke awal baris berikutnya)
2. PANAH KIRI (Pindah ke kiri orto akhir baris sebelumnya)
3. PANAH ATAS (Pindah ke atas satu baris)
4. PANAH BAWAH (Pindah ke bawah satu baris)
5. PAGE UP (Pindah ke atas satu layar pada satu waktu)
6. PAGE DOWN (Pindah ke bawah satu layar pada satu waktu)
7. HOME (Pindah ke awal baris)
8. END (Pindah ke akhir baris)
9. CTRL + HOME (Pindah ke karakter pertama)
10. CTRL + END (Pindah ke karakter terakhir)
11. SPACEBAR (Beralih antara modus besar & modus Normal ketika karakter dipilih)

Microsoft Management Console (MMC)

Jendela Utama Keyboard Shortcuts
1. CTRL + O (Buka konsol yang disimpan)
2. CTRL + N (Membuka konsol baru)
3. CTRL + S (Menyimpan konsol terbuka)
4. CTRL + M (Menambah atau menghapus item konsol)
5. CTRL + W (Buka jendela baru)
6. TOMBOL F5 (Memperbarui konten semua jendela konsol)
7. ALT + SPACEBAR (Menampilkan menu jendela MMC)
8. ALT + F4 (Menutup konsol)
9. ALT + A (Menampilkan menu Action)
10. ALT + V (Menampilkan menu Tampilan)
11. ALT + F (Menampilkan menu File)
12. ALT + O (Menampilkan menu Favorit)

MMC Console Window Keyboard Shortcuts:

1. CTRL + P (Mencetak halaman aktif atau panel aktif)
2. ALT + minus (-) (Menampilkan menu jendela untuk jendela konsol yang aktif)
3. SHIFT + F10 (Menampilkan menu shortcut Action untuk item yang dipilih)
4. Tombol F1 (Membuka topik Bantuan apabila tersedia untuk item yang dipilih)
5. Tombol F5 (Memperbarui konten semua jendela konsol)
6. CTRL + F10 (Memaksimalkan jendela konsol yang aktif)
7. CTRL + F5 (Memulihkan jendela konsol yang aktif)
8. ALT + ENTER (Menampilkan kotak dialog Properties untuk item terpilih)
9. Tombol F2 (Ubah nama item yang dipilih)
10. CTRL + F4 (Menutup jendela konsol yang aktif. Ketika sebuah konsol hanya memiliki satu jendela konsol, shortcut ini menutup konsol)

Remote Desktop Connection Navigation :

1. CTRL + ALT + END (Membuka kotak dialog Keamanan Microsoft Windows NT)
2. ALT + PAGE UP (Beralih antara program dari kiri ke kanan)
3. ALT + PAGE DOWN (Beralih antara program dari kanan ke kiri)
4. ALT + INSERT (Cycle melalui program-program yang terakhir digunakan)
5. ALT + HOME (Menampilkan Start Menu)
6. CTRL + ALT + BREAK (Beralih komputer klien antara jendela dan layar penuh)
7. ALT + DELETE (Menampilkan menu Windows)
8. CTRL + ALT + Tanda Minus(-) (Tempat snapshot dari jendela aktif dalam klien pada clipboard server Terminal dan menyediakan fungsi yang sama dengan menekan PRINT SCREEN pada komputer lokal.)
9. CTRL + ALT + Tanda Plus (+) (Tempat snapshot dari seluruh area jendela klien pada server clipboardand Terminal yang menyediakan fungsi yang sama aspressing ALT + PRINT SCREEN pada komputer lokal.)

Microsoft Internet Explorer Keyboard Shortcuts :

1. CTRL + B (Membuka kotak dialog Pengaturan Favorit)
2. CTRL + E (Membuka Bar pencarian)
3. CTRL + F (Menjalankan utilitas Temukan)
4. CTRL + H (Membuka Riwayat browsing)
5. CTRL + I (Membuka Favorit bar)
6. CTRL + L (Membuka kotak dialog Open)
7. CTRL + N (Memulai mencontoh lain dari browser dengan alamat Web yang sama)
8. CTRL + O (Membuka kotak dialog Buka, sama seperti CTRL + L)
9. CTRL + P (Membuka kotak dialog Print)
10. CTRL + R (Memperbarui/me-refresh halaman Web saat ini)
11. CTRL + W (Menutup jendela aktif)



Referensi



0 komentar:

Posting Komentar