BTemplates.com

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 18 Mei 2017

Jenis Jaringan Berdasarkan Area


Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Area

           Jenis jaringan komputer berdasarkan areanya terdiri dari 4 macam yaitu, PAN,  LAN , MAN dan WAN. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut adalah sebagai berikut :

 -  PAN (Personal Area Network)


 

             PAN atau personsal area network adalah jaringan komunikasi suatu perangkat lain dalam jarak sangat dekat , hanya dalam bebarapa meter saja, dapat digunakan dengan wireless, dan bluetooth. Control pada PAN dilakukan dengan authoritas pribadi, dan untuk tehnologi yang digunakan antara lain Wireless Application Protokol (WAP), dan bluetooth. PAN ini dihubungkan melalui Bus yang ada pada komputer seperti USB dan firewire. PAN adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara perangkat komputer, jangkauan dari PAN biasanya hanya beberapa meter. 


 -  LAN (Local Area Network)



              LAN memiliki daerah jangkauan 100m-2km tergantung jenis kabel penghubung yang digunakannya. Kecapatan transfer data antara 1-1000Mbps atau sekitar 125.000-12.500.000 karakter per detik. Sebuah LAN biasanya sering diterapkan pada sebuah kantor dan laboratorium.


  -MAN (Metropolitan Area Network)


              
               Sebuah jaringan komputer dikatakan sebagai MAN jika memilki jarak atau radius media transmisi antara 10-50km.MAN merupakan gabungan beberapa LAN yang saling terhubung satu sama lainnya meskipun berbeda topologi secara fisik maupun secara virtual. Sister MAN sering digunakan untuk sambungan jarak jauh antar kantor atau organisasi yang masih dalam satu sistem manajemen yang bertujuan untuk sinkronisasi sistem informasi, pengontrolan dan sentralisasi sistem. Jaringan MAN ini dalam penerapannya sering mamakai media wireless, mengingat faktor biaya pembangunannya yang murah, fleksibel, dan handal untuk koneksi jarak jauh hingga 50km dibandingkan menggunakan media wire/kabel.

 -WAN (Wide Area Network)



              WAN adalah sistem koneksi jaringan dengan area wilayah yang luas, baik antara negara, benua maupun dunia. Sebuah jaringan bisa dikatakan sebagai WAN jika mempunyai jarak hubungan media lebih dari 100km. Karena jarak yang jauh media kabel tambaga tidak mampu menjangkaunya, maka sistem WAN lebih sering menggunakan sambungan berbasis satelit maupun kabel fiber optik yang ditanam di bawah laut. Orang awam lebih sering menyebut WAN sebagai internet.

0 komentar:

Posting Komentar